KDM Tanggapi Covid-19 – Saatnya Berubah!

Situasi kali ini berbeda dari biasanya, banyak perubahan harus dilakukan baik sebagai individu maupun sebagai sebuah organisasi. Melalui pertemuan dengan staf dan anak-anak, kami menyepakati mekanisme bersama untuk menjaga KDM dan bersiap menghadapi semua situasi yang memburuk. Kegiatan membersihkan area KDM semakin aktif, aktifkan cuci tangan, juga menjaga jarak fisik, dan menghindari kontak langsung. Setiap minggu di area KDM, kami melakukan desinfeksi dan pembersihan ekstra untuk fasilitas yang sering disentuh banyak orang, seperti gagang pintu, meja, dan ruang pertemuan.

Setiap hari ada 2 anak yang bertugas jaga pos depan, pengunjung hanya diperbolehkan masuk pos depan dan menunggu sampai diperbolehkan bila perlu. Untuk setiap pengiriman barang, belanja kebutuhan sehari-hari harus berhenti sampai di pos terdepan untuk didisinfeksi sebelum digunakan. Gerbangnya selalu kami kunci, tidak lagi buka seperti biasanya, informasi tentang panduan masuk ke area KDM dan edukasi terkait COVID-19 terpampang di gerbang.

Sejak minggu ketiga, bulan Maret, kami telah menyiapkan 1 rumah khusus untuk isolasi mandiri. Anak-anak di rumah tersebut harus pindah ke rumah lain agar rumah isolasi dapat digunakan. Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi jika ada anak yang membutuhkan isolasi mandiri, baik yang berada di dalam asrama maupun di luar asrama. Kami akhirnya sampai dengan 4 orang anak, referensi dari Yayasan Sahabat Anak. Dimulai dengan kasus kematian akibat Covid-19 di lingkungan sekitar rumah tempat mereka tinggal. Demi keluarga dan keselamatan mereka, kami memutuskan untuk menerima mereka menjalani isolasi mandiri selama 14 hari ke depan. Kami bersyukur selama 14 hari mereka dalam keadaan sehat, tidak demam, batuk-batuk, dan akhirnya bisa bergabung dengan anak-anak yang lain. Persiapan dan edukasi mengapa isolasi mandiri ini dilakukan penting bagi seluruh anak dan penghuni Asrama KDM.

Di KDM, kami kembali belajar dan berubah bersama menghadapi situasi sulit ini. Kebersihan ditingkatkan, disiplin lebih dibutuhkan, dan saling peduli diperkuat. Saatnya untuk belajar lebih banyak, membangun pemikiran yang baik, dan tetap sehat dalam situasi sulit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: