Sejak dibukanya kasus Covid-19 pertama di Indonesia, kami sudah mulai memikirkan situasi ini akan semakin memburuk. Dalam beberapa kesempatan, kami terpaksa menunda kunjungan dan kegiatan yang direncanakan dengan teman-teman relawan. Kami masih melakukan aktivitas seperti biasa, bertemu dengan mitra, aktivitas di komunitas, pelatihan futsal masih berlangsung. Memasuki minggu kedua bulan Maret, dengan semakin maraknya pemberitaan dan informasi kasus yang semakin meningkat, akhirnya kami memutuskan untuk membatalkan semua kegiatan di luar kantor dan asrama. Kami tahu kondisi ini tidak mudah bagi semua pihak, namun demi kepentingan terbaik anak dan keselamatan semua pihak, menunda adalah keputusan terbaik.

Tidak terasa ini sudah sebulan sejak pemerintah mengeluarkan imbauan untuk bekerja dari rumah. Bagi kami di KDM, bekerja dari rumah tidak berlaku untuk semua staf. Hampir semua staf kami masih datang ke KDM karena untuk kegiatan belajar bersama anak, selain mengingat jarak yang tidak terlalu jauh. Staf yang hadir harus melalui proses pengecekan suhu tubuh, cuci tangan di pos pemeriksaan, dan wajib memakai masker. Yang dipastikan sehat, tidak ada gejala batuk atau flu. Menjaga jarak aman untuk berinteraksi juga diterapkan kepada semua staf dan anak-anak.

Kami berharap keadaan ini segera berakhir, dan semua teman KDM dimanapun berada dalam kondisi yang baik dan sehat dengan orang-orang tersayang. Kami sungguh menunggu waktu kedepannya supaya dapat melanjutkan aktivitas seperti biasa, bisa ketemu langsung sama teman semua. Saat ini sudah memasuki bulan puasa (Ramadhan). Tidak lupa, kami berdoa dan berharap teman-teman yang menjalani puasa bisa menjalaninya dengan lancar. Semoga kita semua tetap sehat. Sampai bertemu lagi nanti.