Kursus Bisnis

Keterampilan kewirausahaan sangat penting bagi anak-anak ini. Jadi, kami memutuskan untuk melakukan kursus bisnis. Saya, Saida el Hairan, seorang relawan dari Belanda mengatur dan mengajar kursus tersebut. Kursus ini terdiri dari 3 kelas. Akhirnya anak-anak akan memulai usaha sendiri dengan uang awal Rp.10.000. Pertemuan pertama adalah tentang kreativitas dan menemukan peluang di sudut-sudut tersembunyi. Karena setiap bisnis yang sukses dimulai dengan suatu ide unik. Terinspirasi oleh Kyle MacDonald, yang menukar penjepit kertas ke sebuah rumah dalam waktu setahun, anak-anak mendapatkan penjepit kertas untuk melihat apa yang akan mereka hasilkan.

Inilah hasilnya: Masdi adalah pemenang besar yang memasarkan speaker dan handphone tanpa baterai. Mario memenangkan di tempat kedua, yang ide bisnisnya adalah memasarkan sepasang celana jeans dan lem. Urutan ketiga ditempati Suharti, yang menjual harmonika mini dan kalender KDM. Hadiah kemenangan masing-masing adalah uang: Rp.10.000, Rp.5.000 dan Rp.3.000 sebagai modal untuk memulai usaha mereka. Kami juga punya beberapa kasus menarik. Beberapa anak menukar barang mereka dengan makanan atau uang dan makan / menghabiskan semuanya. Jadi, mereka tidak menunjukkan apa-apa karena keputusan yang impulsif. Pelajaran bagus di sana. Sementara, ada anak-anak yang lain juga yang kehilangan barang karena dicuri, sehingga kami punya pelajaran penting lain yakni tentang keamanan.

Pertemuan kedua adalah tentang bisnis mereka. Selama pertemuan kedua, anak-anak mengisi rencana bisnis mereka. Mereka harus memikirkan nilai jual unik mereka dan mengapa mereka akan mendapatkan keuntungan. Semua anak memutuskan untuk bekerja sama dan kami akhirnya memiliki 3 bisnis. Mario dan Iyuz mulai bisnis mencuci, yang mana mereka mencuci mobil dan sepeda motor. Suharti, Jessica, Emma, ​​dan Filipi memutuskan untuk menjual kue dan gelang buatan sendiri dari bahan daur ulang. Kelompok terakhir terdiri dari Dian, Priyanto dan Masdi. Mereka menjual donat dan mereka memberikan pijatan gratis 2 menit untuk setiap donat yang dibeli konsumen. Dalam pertemuan terakhir kami mengevaluasi bisnis mereka. Sebagai hadiah, kami pun menggandakan keuntungan yang mereka dapatkan! Terima kasih khusus kepada: Beny, Gracia, Roni dan Andik! (Ditulis oleh Saida el Hairan, 6 Maret 2014)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: